Cara ternak kenari

Cara ternak kenari bagi orang – orang yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia ini tentu saja bukan lagi suatu topik yang menarik, karena mereka sudah sangat menguasai hal – hal tersebut. Namun bagi para pemula yang baru saja ingin memulai usaha ternak kenari maka artikel ataupun sumber – sumber berita tentang cara ternak kenari yang baik akan menjadi sebuah bacaan yang sangat menarik.

Cara ternak kenari pada hakikatnya sangat mudah mengingat burung kenari adalah burung yang mudah beradaptasi, namun jika menginginkan hasil yang optimal tentu saja harus diplejarai dengan baik sesuai dengan karakteristik jenis – jenis kenari. Mempelajari cara ternak kenari yang baik dimulai dengan mempelajari tentang faktor – faktor yang mempengaruhinya yaitu usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan juga ilmu pendukung. Usia kenari mepengaruhi cara ternak kenari karena jenis kenari yang berbeda akan memiliki tahapan pertumbuhan yang berbeda pula. Misalnya yorkshire harus berumur minimal 1 tahun untuk dapat memasuki tahapan perjodohan sedangkan untuk kenari dengan postur tubuh lebih kecil hanya sudah bisa masuk tahap ini pada umur 6 bulan. Membedakan kenari jantan dan betina cukup sulit bagi mereka yang masih pemula, hal ini perlu dipelajari terlebih dahulu agar dapat menerapkan ilmu cara ternak kenari dengan tepat.

Pembahasan tentang sarana penunjang juga harus disertakan dalam panduan cara ternak kenari. Sarana penunjang ini antara lain adalah kandang, melliputi bentuk dan macamnya sesuai dengan tahapan perawatan kenari. Tempat minum dan makan serta lingkungan tempat meletakkan kandang, misalnya kandang sebaiknya ditempatkan di lingkungan yang sulit dijangkau serangga dan binatang lainnya seperti tikus, cicak dan kucing. Dalam sumber cara ternak kenari akan diberikan tips agar memberikan perlindungan ekstra pada kandang dengan memberikan kapur semut jika kandang menempel pada dinding atau dengan mengolesi kaki kandang dengan oli jika kandang berbentuk rumah –rumahan yang berdiri dengan kaki penyangga.

Cara ternak kenari dan pemilihan induk

Memilih kenari siap ternak juga menjadi pembahasan utama dalam cara ternak kenari yang baik. Tips – tips dan pengetahuan ekstra seperti waktu yang tepat untuk perjdodohan adalah sore hari , lalu bagaimana mengatasi jika terjadi kenari jantan tidak menyukai pasangan yang sudah disiapkan untuk perjodohan dan sebaliknya, atau juga bagaimana mengatasi kebiasaan kenari betina yang mencabuti bulunya sendiri dalam masa – masa bertelur. Semua itu akan diberikan dalam sebuah panduan cara ternak kenari yang baik bagi pemula.

This entry was posted in Artikel umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.