Jenis burung kenari

Jenis burung kenari di dunia sangat banyak, baik yang di alam liar maupun yang hasil biakan manusia. Sebagai peternak atau hobis kenari, kita harus lebih selektif dalam memilih jenis yang sesuai dengan keinginan kita. Jenis burung kenari dibedakan berdasarkan bentuk tubuh, suara kicauan dan juga warna dan bentuk bulu. Kualitas dalam faktor pembeda inilah yang akan mempengaruhi nilai dan tingkat harga jual setiap jenis.

Jenis burung kenari yang kerapkali ditemui di pasaran  cukup dikelompokkan dalam 3 kelompok, mengacu pada faktor pembeda tersebut, :

  1. Kenari dengan bentuk tubuh yang unik dan menarik, misalnya adalah jenis burung kenari yorkshire dan ghloster border
  2. Kenari yanng bersuara merdu,misalnya adalah roller dan waterslager
  3. Kenari yang berbulu indah, misalnya adalah jenis burung kenari holland dan lizard

Ketiga kelompok jenis burung kenari ini berasal dari impor maupun lokal. Telah banyak yang mencoba untuk ternak kenari ini dan mengawinkannya, namun sayang sekali belum ada formula yang mudah dan tepat untuk menghasikan jenis burung kenari yang bersuara merdu dengan bentuk tubuh unik dan bulu yang indah. Mungkin para senior telah menguasainya tetapi tentu pengalaman merekalah yang membuat mereka bisa.

Jenis burung kenari begitu banyak

Begitu banyak jenis burung kenari, setiap jenisnya memiliki cara perawatan yang berbeda. Peternak atau hobis harus lebih fokus pada tujuan sebelum menentukan jenis mana yang akan dipeliharanya. Ada sebagian peternak yang fokus pada satu jenis burung kenari untuk dipelihara dan sebagian lainnya terus merubah peliharaannya sesuai dengan perkembangan permintaan pasar. bagi peternak yang fokus, mereka bisanya menekuni satu jenis  selama bertahun – bertahun, mepelajari hampir semua hal tentang mereka. Dari bentuk sangkar dan lingkunngan kawin yang cocok, memelihara anakan sampai menghasilkan seekor kenari yang prima dan unggul di jenisnya. Cara demikian akan memberikan keuntungan yang bertahan lama, karena peternak akan benar – benar menguasai tentang satu jenis dan dianggap pakar. Sedangkan sebagian lagi, yang selalu merubah fokus peliharaannya sesuai dengan permintaan pasar mungkin terlihat mampu memelihara berbagai jenis burung kenari, namun sayangnya pengetahuan mereka kurang mendalam dan beberapa mungkin hanya akan menghasilkan kenari yang biasa –biasa saja dari hasil ternakannya.

This entry was posted in Artikel umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.