Mempersiapkan Indukan burung Kenari

Mempersiapkan indukan burung Kenari adalah langkah awal yang harus kita fokuskan. Untuk memilih indukan burung Kenari seperti telah kami tulis sebelumnya harus memenuhi syarat-syarat utama yaitu antara lain faktor usia, dimana indukan yang baik adalah yang sudah cukup umurnya, kemudian kondisi burung Kenari harus sehat, sudah matang kelamin, dan dalam kondisi terbaik atau puncak. Kondisi puncak pada burung Kenari jantan salah satu tanda yang paling kelihatan adalah dengan berkicau secara terus menerus, dan saat burung Kenari Jantan melihat burung Kenari betina maka akan memperlihatkan gerakan-gerakan tertentu, seperti berkicau kekiri dan kekanan, atau bahkan sampai menabrak jeruji sangkar.

Burung Kenari yang masuk usia kawin atau cukup umur biasanya dimulai pada usia 8 bulan, akan mengalami perubahan struktur perut jika telah memasuki masa birahi. Perut burung Kenari akan membuncit tanpa lemak, jika diperhatikan bulu disekitar perut menjadi botak dan perut keliahatan berwarna merah ini merupakan beberapa tanda bahwa burung kenari betina telah siap kawin.Selain itu, jika disediakan sarang buatan dalam sangkar maka burung betina akan mulai mengaturnya dan menambahkan beberapa bahan lainnya yang didapatkan di dalam sangkar, seperti sobekan kertas, dll.

Makanan indukan burung Kenari

Setelah tahap memilih indukan burung Kenari selanjutnya perlu dilakukan langkah-langkah persiapan untuk mengawinkan Burung Kenari tersebut. Banyak hal harus anda rubah dan perhatikan antara lain tentang perawatan secara umum dan peningkatan dosis pakan perlu dilakukan. Seperti halnya yang telah kita ketahui bersama bahwa pakan tambahan yang penting dan biasa diberikan adalah beberapa sayuran seperti sawi putih, sawi hijau dan daun selada, bisa juga ditambahkan buah-buahan seperti apel, mentimun, pear, jeruk, anggur, dan pepaya juga kroto (telur semut), satu lagi yang penting untuk diberikan adalah telur rebus. Dari beberapa macam makanan burung Kenari tersebut diatas, telur rebus merupakan salah satu makanan yang harus ditingkatkan dosis pemberiannya, yaitu bisa sampai setengah butir perhari.

This entry was posted in Cara beternak Kenari and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.