Ternak burung kenari

Ternak burung kenari bisa jadi susah – susah gampang karena burung ini memilki karakter yang unik  dan membutuhkan perlakuan khusus agar dapat tumbuh dan berkembang biak dengan optimal.  Misalnya masalah perkembang biakan. Peternak harus benar – benar memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak agar ternak burung kenari ini dapat menghasilkan turunan yang berkualitas tinggi.  Dalam ternak kenari indukan burung kenari bermacam – macam sifatnya, sebagian ada yang tidak suka dengan lawan jenis nya waktu penjodohan sehingga harus memberi waktu untuk lebih terbiasa. Kemudian ada yang tidak menyukai letak sarang di dalam ruangan dibandingkan dnegan tempat terbuka. Masih banyak lagi sifat – sifat indukan ternak burung kenari pada saat penjodohan, semua bukanlah kendala karena bisa dipelajari dan dipahami.

Ternak burung kenari impor tidak sama dengan yang lokal. Kenari impor cenderung lebih manja dan banyak tingkah dengan karakter dan sifat yang aneh-aneh, namun ada juga yang biasa – biasa saja. Sedangkan untuk kenari lokal, karena sudah pasti adalah hasil dari penangkaran dan bukan dari alam liar, maka karakternya lebih mudah dipahami. Dengan melihat semua tingkat kesulitan yang akan dihadapi, ada baiknya Anda memilih untuk ternak burung kenari dengan kualitas yang tinggi, karena waktu dan biaya yanng dikeluarkan akan beda tipis dengan jika memilih indukan berkualitas biasa – biasa saja, sedangkan harga jual anakannya akan berbeda jauh. Mulai membiasakan dengan burung kenari kualitas tinggi akan melatih ketahanan kita pada kendala – kendala dan cobaan yang akan dihadapi jika usaha semakin membesar.

Ternak burung kenari butuh keuletan

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa kenari adalah burung yang memilki karakteristik unik dan sangat beragam. Untuk bisa bertahan dalam usaha ternak burung kenari akan membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari dan memahami karakter –karakternya. Panjangnya waktu ini harus juga didukung dengan kesabaran tingkat tinggi, keuletan dan ketelitian jika menginginkan hasil yang benar – benar memuaskan dan jangka panjang dalam ternak kenari ini. Jadi perlu dipahami bahwa ternak burung kenari bukanlah usaha instant yang begitu saja meberikan keuntungan besar.

This entry was posted in Artikel umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.